FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Notices

Go Back   FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent > Teknik Tepok Bulu > Konsultasi Kesehatan Dan Pemulihan Cidera

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 29 Aug 2011, 23:52
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default Klinik Online "dr. Erique" Spesialis Kedokteran Olahraga

Untuk rekan-rekan member FTB saya buka thread khusus ini untuk menjadi ruang konsultasi semua permasalah kesehatan yang berhubungan dengan olahraga, khususnya olahraga tepok bulu. Saya mohon dalam setiap pertanyaan hal-hal di bawah ini ikut disertakan.

1. Keluhan Utama, lokasi spesifik (kalau bisa dengan gambar/foto) cedera.
2. Kronologis terjadinya cedera, termasuk tanggal terjadinya cedera.
3. Terapi yang sudah dilakukan (pijat, urut, obat-obatan)

Selain pertanyaan mengenai cedera olahraga dapat juga ditanyakan pencegahan cedera, peningkatan kebugaran fisik, dan pertanyaan lain yang berhubungan dengan kesehatan olahraga.


Index Pertanyaan dan Jawaban seputar Olah raga dan kesehatan

Badminton dalam kondisi batuk/sakit
Mengurangi pegal, nyeri, atau kaku setelah berolahraga
Glucosamin dan olah raga
Pertanyaan Umum seputar olahraga dan kesehatan
Cedera Siku
Serangan Jantung saat olahraga
Cedera Lutut
Cedera Tumit
Cedera Bahu/ lengan atas
Obat anti nyeri Topical
Cedera "Shin splint"/ tulang kering
Cedera pinggang dan punggung bawah
Ganglion cyst
Kegunaan Pijat/ urut
Info obat anti inflamasi tradisional
Saraf terjepit di punggung
Plantar fascitis/nyeri telapak kaki
Info tentang Prolotherapy
Kram Otot saat olahraga

Last edited by Erique; 09 Sep 2011 at 18:28. Reason: ngebantu bikin index
Reply With Quote
  #2  
Old 30 Aug 2011, 00:20
d3n's Avatar
d3n d3n is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: May 2010
Location: medan
Posts: 3,610
Send a message via Yahoo to d3n
Default

pertamax doc
mo nanya nh..terapimenggunakan air hangat apakah ada efek ny doc??mis: kaki pegel2,truz kita rendam di air hangat gt.tapi gk secara spontan habis tepok lgsng rendam.esok ny baru rendam.lama rendam sekitar 15 menit gt..so apakah hal tsb punya efek ato malah buat relaksasi semata??
thx a lot
Reply With Quote
  #3  
Old 30 Aug 2011, 06:04
somoi's Avatar
somoi somoi is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Apr 2010
Location: right here
Posts: 1,705
Default

Husss... Dokternya baru ngerapi-rapiin klinik tuh... Baru aja gunting pita peresmian... Masih atur2 meja kursi.... Eh langsung udah ada pasien semoga trit ini bisa membantu tepokers tepokers yg lagi cedera...
Reply With Quote
  #4  
Old 30 Aug 2011, 06:19
dwiser dwiser is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 2,685
Default

Quote:
Originally Posted by somoi View Post
Husss... Dokternya baru ngerapi-rapiin klinik tuh... Baru aja gunting pita peresmian... Masih atur2 meja kursi.... Eh langsung udah ada pasien semoga trit ini bisa membantu tepokers tepokers yg lagi cedera...
Pagi2 dah nongol,ane pikir ikut berobat..!
Konsultasi sama obat nya gratis ya kalo disini.. khabuurrr
Reply With Quote
  #5  
Old 30 Aug 2011, 07:40
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default Asam Laktat penyebab pegal dan nyeri setelah olahraga

Quote:
Originally Posted by d3n View Post
pertamax doc
mo nanya nh..terapimenggunakan air hangat apakah ada efek ny doc??mis: kaki pegel2,truz kita rendam di air hangat gt.tapi gk secara spontan habis tepok lgsng rendam.esok ny baru rendam.lama rendam sekitar 15 menit gt..so apakah hal tsb punya efek ato malah buat relaksasi semata??
thx a lot
Jika kita melakukan olahraga, terutama olahraga dengan intensitas tinggi, maka akan terjadi penumpukan asam laktat yang merupakan sisa penguraian energi di otot. Jika cukup tersedia oksigen maka asam laktat ini dapat dikeluarkan dan rasa pegal berkurang. Sebaliknya jika oksigen kurang maka terjadi penumpukan asam laktat di otot. Supaya ketersediaan oksigen cukup di dalam otot maka kebugaran jantung paru harus ditingkatkan dengan latihan yang bersifat "aerobik", misalnya jogging, bersepeda, berenang. Sebaiknya setelah berolahraga harus melakukan pendinginan dengan benar selama 5-10 menit.
1. Lakukan peregangan otot-otot, karena peregangan akan membantu membuang asam laktat yang menumpuk di otot.
2. Tetap bergerak (berjalan, lari kecil) setelah selesai olahraga, jangan langsung duduk atau berbaring. Dengan tetap bergerak maka akan membantu proses pembuangan asam laktat.

Salah satu cara untuk membantu proses pembuangan asam laktat adalah dengan mandi air dingin dan hangat secara bergantian. Air hangat akan melebarkan pembuluh darah sedangkan air dingin mempersempit pembuluh darah. Dengan demikian proses tersebut akan mempercepat pembuangan asam laktat dalam otot. Demikian tips untuk mengurangi pegal, nyeri, atau kaku setelah berolahraga.
Reply With Quote
  #6  
Old 30 Aug 2011, 10:08
dewarata dewarata is offline
Member
 
Join Date: Dec 2009
Location: BALI
Posts: 948
Default


ini baru bentuk nyata dari berbagi,..............selamat dan terima kasih pak Dokter

sebenernya banyak sekali yg mau saya tanyakan ttg kondisi fisik yg "sakit"...: ada di punggung,wrist, lutut.....cuma satu2 aja dulu dah kasian ama pasien yg lain

Dok,......punggung kanan saya, awalnya dari area tulang belikat, lalu sampai leher, kemudian turun hingga pangkal paha....ini sudah berlangsung cukup lama (10-12 th).....gejalanya nyeri dan pegal.....penyebabnya apa mungkin pernah krn jatuh naik motor, ataukah sikap duduk yg salah selama bertahun2 sbg drafter.....yg pasti cedera langsung pada tp tersebut tidak pernah.
Adapun penanganan yg sudah pernah dilakukan;
1. Dipijat urut k berbagai tempat dan rata2 bilang, ada "otot" di antara tl belikat dan tulang belakang yg "keras" bila dipijat...dan jg fisik antara punggung kanan dan kiri yg beda.....hasilnya enakan sesaat setelah dipijat saja
2. Fisiotherapi, ditarik kepalanya, dipanasi punggung, diberi aliran listrik.?...plus obat (bahkan diinjeksi langsung di daerah yg sakit) sudah juga dilakukan dan hasilnya masih sakit hingga kini

Mohon p. Dokter berkenan memberi penjelasan dan resep u/ saya....sebelum dan sesudahnya saya haturkan terima kasih yg sebanyak2nya.

salam tepoKBulu
Reply With Quote
  #7  
Old 30 Aug 2011, 11:09
dandi's Avatar
dandi dandi is offline
Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: Bandung, Cianjur
Posts: 907
Send a message via Yahoo to dandi
Default badminton dlm kondisi sakit batuk

selamat pagi pa dokter
sebulan yg lalu sy sakit batuk berdahak intensitasnya tdk terlalu tinggi/jarang2, kondisi badan tidak terlalu drop hanya bantuknya kadang membuat perut kejang.Saat sakit sperti itu ada jadwal latihan badminton, saya putuskan untuk tetap latihan
apakah bermain badminton saat sakit batuk membahayakan organ2 pernafasan kita atau ada resiko yg membahayakan ?

mohon saran dan arahannya,
trims sdh membuat thread yg bermanfaat :)
Reply With Quote
  #8  
Old 30 Aug 2011, 13:45
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default Nyeri di daerah tulang belikat

Quote:
Originally Posted by dewarata View Post

ini baru bentuk nyata dari berbagi,..............selamat dan terima kasih pak Dokter

sebenernya banyak sekali yg mau saya tanyakan ttg kondisi fisik yg "sakit"...: ada di punggung,wrist, lutut.....cuma satu2 aja dulu dah kasian ama pasien yg lain

Dok,......punggung kanan saya, awalnya dari area tulang belikat, lalu sampai leher, kemudian turun hingga pangkal paha....ini sudah berlangsung cukup lama (10-12 th).....gejalanya nyeri dan pegal.....penyebabnya apa mungkin pernah krn jatuh naik motor, ataukah sikap duduk yg salah selama bertahun2 sbg drafter.....yg pasti cedera langsung pada tp tersebut tidak pernah.
Adapun penanganan yg sudah pernah dilakukan;
1. Dipijat urut k berbagai tempat dan rata2 bilang, ada "otot" di antara tl belikat dan tulang belakang yg "keras" bila dipijat...dan jg fisik antara punggung kanan dan kiri yg beda.....hasilnya enakan sesaat setelah dipijat saja
2. Fisiotherapi, ditarik kepalanya, dipanasi punggung, diberi aliran listrik.?...plus obat (bahkan diinjeksi langsung di daerah yg sakit) sudah juga dilakukan dan hasilnya masih sakit hingga kini

Mohon p. Dokter berkenan memberi penjelasan dan resep u/ saya....sebelum dan sesudahnya saya haturkan terima kasih yg sebanyak2nya.

salam tepoKBulu
Bro Dewa nyeri di daerah belikat kanan bisa disebabkan oleh posisi yang kurang ergonomis dalam bekerja, bisa juga karena kekuatan otot yang tidak seimbang antara otot-otot bagian depan dada dengan punggung, atau otot sisi kiri dan kanan. Posisi tidur pada sisi yang sama juga bisa menyebabkan nyeri. Solusinya adalah dengan memperbaiki posisi saat bekerja dan melatih otot-otot yang kurang terlatih supaya lebih seimbang. Ini link yang mungkin bisa menjadi referensi bro Dewa http://www.fortcollins-massage.com/p...er-blades.html
Bro dewa juga bisa konsultasi dengan dokter Orthopedi kalau memang belum pernah. Semoga bisa membantu.
Reply With Quote
  #9  
Old 30 Aug 2011, 13:50
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default Berolahraga selagi Batuk

Quote:
Originally Posted by dandi View Post
selamat pagi pa dokter
sebulan yg lalu sy sakit batuk berdahak intensitasnya tdk terlalu tinggi/jarang2, kondisi badan tidak terlalu drop hanya bantuknya kadang membuat perut kejang.Saat sakit sperti itu ada jadwal latihan badminton, saya putuskan untuk tetap latihan
apakah bermain badminton saat sakit batuk membahayakan organ2 pernafasan kita atau ada resiko yg membahayakan ?

mohon saran dan arahannya,
trims sdh membuat thread yg bermanfaat :)
Bro dandi selama tidak ada demam, pusing atau sesak nafas (asma) masih bisa berolahraga, dengan intensitas yang disesuaikan dengan kemampuan/kondisi kesehatannya. Jika menderita batuk dengan olahraga dapat membantu mengeluarkan dahak dan memperlancar saluran pernafasan. Saya sendiri merasakan manfaatnya.
Reply With Quote
  #10  
Old 30 Aug 2011, 14:55
dewarata dewarata is offline
Member
 
Join Date: Dec 2009
Location: BALI
Posts: 948
Default

Quote:
Originally Posted by Erique View Post
Bro Dewa nyeri di daerah belikat kanan bisa disebabkan oleh posisi yang kurang ergonomis dalam bekerja, bisa juga karena kekuatan otot yang tidak seimbang antara otot-otot bagian depan dada dengan punggung, atau otot sisi kiri dan kanan. Posisi tidur pada sisi yang sama juga bisa menyebabkan nyeri. Solusinya adalah dengan memperbaiki posisi saat bekerja dan melatih otot-otot yang kurang terlatih supaya lebih seimbang. Ini link yang mungkin bisa menjadi referensi bro Dewa http://www.fortcollins-massage.com/p...er-blades.html
Bro dewa juga bisa konsultasi dengan dokter Orthopedi kalau memang belum pernah. Semoga bisa membantu.
Terima kasih banyak dok......akan saya coba sarannya, semoga manjur seperti biasanya

salam tepoKBulu
Reply With Quote
  #11  
Old 30 Aug 2011, 17:59
dandi's Avatar
dandi dandi is offline
Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: Bandung, Cianjur
Posts: 907
Send a message via Yahoo to dandi
Default

Quote:
Originally Posted by Erique View Post
Bro dandi selama tidak ada demam, pusing atau sesak nafas (asma) masih bisa berolahraga, dengan intensitas yang disesuaikan dengan kemampuan/kondisi kesehatannya. Jika menderita batuk dengan olahraga dapat membantu mengeluarkan dahak dan memperlancar saluran pernafasan. Saya sendiri merasakan manfaatnya.
trims banyak pa dokter, sy yakin sarannya brmanfaat buat kta smua :)
Reply With Quote
  #12  
Old 31 Aug 2011, 00:15
arul malindo's Avatar
arul malindo arul malindo is offline
Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: pekanbaru
Posts: 110
Send a message via Yahoo to arul malindo
Default

assalamualaikum pak dokter
tgl 28 agsts kmren sy joging dan skiping di dpn rmh karna udah 2 minggu lbr tepok2, paginya ternyata sy rasakan sangat sakit dipangkal paha atau selangkangan sy,ada seperti urat yg disentuh aj skt sekali smpai sy demam.[maaf dok smpi anu sy jg iktan bengkak, bkn testisnya dok]
mohon pencerahannya dokter, saya tkt hernia tapi klu btk tdk sakit
trmksh dok
Reply With Quote
  #13  
Old 31 Aug 2011, 00:40
d3n's Avatar
d3n d3n is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: May 2010
Location: medan
Posts: 3,610
Send a message via Yahoo to d3n
Default

Quote:
Originally Posted by Erique View Post
Jika kita melakukan olahraga, terutama olahraga dengan intensitas tinggi, maka akan terjadi penumpukan asam laktat yang merupakan sisa penguraian energi di otot. Jika cukup tersedia oksigen maka asam laktat ini dapat dikeluarkan dan rasa pegal berkurang. Sebaliknya jika oksigen kurang maka terjadi penumpukan asam laktat di otot. Supaya ketersediaan oksigen cukup di dalam otot maka kebugaran jantung paru harus ditingkatkan dengan latihan yang bersifat "aerobik", misalnya jogging, bersepeda, berenang. Sebaiknya setelah berolahraga harus melakukan pendinginan dengan benar selama 5-10 menit.
1. Lakukan peregangan otot-otot, karena peregangan akan membantu membuang asam laktat yang menumpuk di otot.
2. Tetap bergerak (berjalan, lari kecil) setelah selesai olahraga, jangan langsung duduk atau berbaring. Dengan tetap bergerak maka akan membantu proses pembuangan asam laktat.

Salah satu cara untuk membantu proses pembuangan asam laktat adalah dengan mandi air dingin dan hangat secara bergantian. Air hangat akan melebarkan pembuluh darah sedangkan air dingin mempersempit pembuluh darah. Dengan demikian proses tersebut akan mempercepat pembuangan asam laktat dalam otot. Demikian tips untuk mengurangi pegal, nyeri, atau kaku setelah berolahraga.
thanks very much atas pencerahan ny pak dokter
Reply With Quote
  #14  
Old 31 Aug 2011, 12:59
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default Nyeri di selangkangan

Quote:
Originally Posted by arul malindo View Post
assalamualaikum pak dokter
tgl 28 agsts kmren sy joging dan skiping di dpn rmh karna udah 2 minggu lbr tepok2, paginya ternyata sy rasakan sangat sakit dipangkal paha atau selangkangan sy,ada seperti urat yg disentuh aj skt sekali smpai sy demam.[maaf dok smpi anu sy jg iktan bengkak, bkn testisnya dok]
mohon pencerahannya dokter, saya tkt hernia tapi klu btk tdk sakit
trmksh dok
Saya juga curiga itu bisa hernia, karena gejalanya mengarah kesana. Sebaiknya cepat periksakan ke dokter, kalau bisa dokter spesialis bedah, karena kondisi ini harus ditangani dengan cepat. Anda bisa baca informasi tentang hernia di link ini http://www.emedicinehealth.com/hernia/article_em.htm
Harus segera ditangani supaya usus yg turun tidak kekurangan pasokan darah dan membusuk. Semoga cepat sembuh
Reply With Quote
  #15  
Old 01 Sep 2011, 13:52
arul malindo's Avatar
arul malindo arul malindo is offline
Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: pekanbaru
Posts: 110
Send a message via Yahoo to arul malindo
Default

Quote:
Originally Posted by Erique View Post
Saya juga curiga itu bisa hernia, karena gejalanya mengarah kesana. Sebaiknya cepat periksakan ke dokter, kalau bisa dokter spesialis bedah, karena kondisi ini harus ditangani dengan cepat. Anda bisa baca informasi tentang hernia di link ini http://www.emedicinehealth.com/hernia/article_em.htm
Harus segera ditangani supaya usus yg turun tidak kekurangan pasokan darah dan membusuk. Semoga cepat sembuh
klu gitu g boleh tepok2 lg dok?
Reply With Quote
  #16  
Old 01 Sep 2011, 14:56
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default

Quote:
Originally Posted by arul malindo View Post
klu gitu g boleh tepok2 lg dok?
Harus ditangani dulu masalahnya/penyakitnya kalau sudah sembuh sih boleh berolahraga lagi.
Reply With Quote
  #17  
Old 01 Sep 2011, 21:11
AbeeTaQi's Avatar
AbeeTaQi AbeeTaQi is offline
Review Collector + Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Location: Sentul, Bogor
Posts: 2,484
Send a message via Yahoo to AbeeTaQi
Default

Terima kasih sudah membuat Thread ini Mod Erique, saya yakin akan banyak sekali manfaatnya untuk kita semua ..


Boleh kan saya juga ikut konsul dan jadi Pasien ...

Fokus Keluhan :
Mata

Kronologis & Keluhan :
Pekerjaan saya memang menuntut selalu 'sparring' dengan komputer/Laptop, boleh dibilang sangat intens (kurun waktu +/- sejak 1997 ~ sekarang dgn durasi >8 jam/hari).
alhamdulillah, sampai sekarang saya tidak menggunakan kaca mata, artinya belum Minus maupun Plus.
Tapi beberapa bulan belakangan, saya merasakan ada sesuatu di 'fokus' mata saya, terutama saat kena cahaya yang cukup terang, seperti terik matahari, cahaya monitor yang terlalu terang dan bahkan lampu di Hall badminton !!!
efeknya, dibagian pinggir luar penglihatan saya (mata kanan+kiri) seperti kabur/berpendar, biasanya kalau sudah begitu saya istirahatkan/merem/tidur/pakai kaca mata gelap/tidak melihat sesuatu yang terang .. 30 menit kemudian akan berangsur normal ..
sementara ini saya baru minum vitamin seperti biovision ...

Ada saran untuk saya dok ?

lama˛ aneh juga kalau pas di Hall kudu merem / pakai kaca mata item gitu kan Dok,
lagian takut keburu ketahuan sama musuh˛ saya dok, ntar di lapangan selain bawa raket mereka juga bawa 'senter' buat nyorot mata saya, dijamin saya gak bakalan bisa liat bola dari arah samping kanan/kiri ...

terimakasih sebelumnya Brotha Erique ...
Reply With Quote
  #18  
Old 01 Sep 2011, 21:17
send4m3's Avatar
send4m3 send4m3 is offline
Racun dari Barat
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 1,835
Default

Asyik pas tarwil bawa senter ah, kalo perlu lampu halogen sekalian
Anyway bro abetaqi, dah ke dokter mata ? Apa hasil diagnosa ?
Apakah harus pake kacamata anti sinar bro. Mudah2 an bentar lg Pak dokter jawab ya.
Reply With Quote
  #19  
Old 01 Sep 2011, 21:52
AbeeTaQi's Avatar
AbeeTaQi AbeeTaQi is offline
Review Collector + Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Location: Sentul, Bogor
Posts: 2,484
Send a message via Yahoo to AbeeTaQi
Default

Dear Brota Racun,
memang saya belum ke Dokter / Spesialis makanya post di sini, nanya sama Dokter 'Dunia Maya' dulu ... minimal untuk langkah awal ...
sementara ini kalau siang dan Terik, wajib pakai kaca mata yang Polarized deh untuk meredam sinar terang langsung 'nusuk' mata ...

Reply With Quote
  #20  
Old 01 Sep 2011, 23:05
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default

Quote:
Originally Posted by AbeeTaQi View Post
Terima kasih sudah membuat Thread ini Mod Erique, saya yakin akan banyak sekali manfaatnya untuk kita semua ..


Boleh kan saya juga ikut konsul dan jadi Pasien ...

Fokus Keluhan :
Mata

Kronologis & Keluhan :
Pekerjaan saya memang menuntut selalu 'sparring' dengan komputer/Laptop, boleh dibilang sangat intens (kurun waktu +/- sejak 1997 ~ sekarang dgn durasi >8 jam/hari).
alhamdulillah, sampai sekarang saya tidak menggunakan kaca mata, artinya belum Minus maupun Plus.
Tapi beberapa bulan belakangan, saya merasakan ada sesuatu di 'fokus' mata saya, terutama saat kena cahaya yang cukup terang, seperti terik matahari, cahaya monitor yang terlalu terang dan bahkan lampu di Hall badminton !!!
efeknya, dibagian pinggir luar penglihatan saya (mata kanan+kiri) seperti kabur/berpendar, biasanya kalau sudah begitu saya istirahatkan/merem/tidur/pakai kaca mata gelap/tidak melihat sesuatu yang terang .. 30 menit kemudian akan berangsur normal ..
sementara ini saya baru minum vitamin seperti biovision ...

Ada saran untuk saya dok ?

lama˛ aneh juga kalau pas di Hall kudu merem / pakai kaca mata item gitu kan Dok,
lagian takut keburu ketahuan sama musuh˛ saya dok, ntar di lapangan selain bawa raket mereka juga bawa 'senter' buat nyorot mata saya, dijamin saya gak bakalan bisa liat bola dari arah samping kanan/kiri ...

terimakasih sebelumnya Brotha Erique ...
Bro Abee saya turut bersimpati dengan keluhan penglihatannya. Sepertinya bro mengalami "gangguan lapang pandang samping" atau inggrisnya "peripheral vision problem". Gangguan ini disebabkan oleh bermacam-macam hal seperti : glaucoma, stroke mata, gangguan di saraf mata, retina yang lepas (detached retina). Saran saya bro harus diperiksa oleh dokter spesialis mata, untuk dilakukan pemeriksaan lapang pandang dan dicari penyebab gangguan tersebut. Semoga cepat sembuh bro.
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump



All times are GMT +8. The time now is 10:57.

Powered by vBulletin® Version 3.8.4
Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.